Menyalahi Travel Writer? Kurang… Kurang Bijak.

Bukan karena saya travel writer, baik profesi maupun hobi. Tapi menyalahkan travel writer berarti menggeneralisasi tiap orang yang menulis perjalanan. Padahal tiap manusia punya hobi berbeda. Ada yang hobinya buang sampah (makanya jadi kotor), ada yang hobi corat-coret (jadinya vandalisme), ada juga yang hobi pamer, yang hobi nyinyir. Yang hobi ngumpet di balik orang lain juga ada.

Tapi ada juga manusia yang baik. Sebutlah yang punya hati. Yang berkontribusi terhadap tujuan traveling-nya. Yang diam-diam belajar, bertanya, meresapi makna perjalanan. Kemudian menuliskannya. Manusia-manusia seperti itu juga travel writer. Harus disalahkan juga?

Oh iya, harus ya? Karena nggak seru kalo nggak ada yang disalahkan. Menyalahkan pemerintah, sudah bosan. Menyalahkan operator wisata juga sudah biasa. Semua pihak itu juga secara langsung tergeneralisasi. Kurang… Kurang bijak. Karena pasti ada beberapa dari semua pihak itu yang benar-benar menjalankan tugasnya. Tanpa jadi merusak.

Heboh-heboh soal travel writer dan sebangsanya benar-benar membuat lelah. Sebagai yang ingin lurus-lurus saja menikmati perjalanan, saya merasa tua. Mungkin sebentar lagi pensiun dini. Tapi tetap akan menulis makna perjalanan untuk saya sendiri, di blog ini. Tak peduli ada yang baca atau tidak, saya hanya berbagi.

Advertisements

18 comments

  1. IMHO, singkatnya traveling seperti memeluk agama saja menurut keyakinan dan caranya masing”..kebenaran ada dalam diri masing-masing.
    untukmu perjalananmu, untukku perjalananku.. karena setiap orang punya hak yg sama untuk bisa liburan dan menulis sesuai kepribadian masing”, selama lurus” saja tidak menyalahi aturan alam, adat, sosial, budaya & hukum, dienjoyin aja.. CMIIW.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s