Satu Siang di Kalimantan

Image

Satu siang yang cerah, mobil melipir di jalanan Kota Landak. Matahari tak hentinya membasuh garis khatulistiwa. Pendingin udara di mobil tak mampu mendinginkan otak yang panas.

Saya melirik kawan-kawan yang sedang bersepeda lintas Kalimantan. Kulit mereka memerah, kemudian menghitam seketika. Bulir-bulir keringat berjatuhan. Baju mereka basah total.

Menyadari nafas mereka yang memburu, kami mencari tempat istirahat. Hanya ada segelintir rumah di jalan lintas Kalimantan itu. Kami pun melipir di salah satunya.

Nguyen, begitu nama si Ibu pemilik rumah. Kulitnya cokelat, rambutnya lurus sebahu. Senyumnya langsung mengembang begitu kami tiba, meski alisnya mengrenyit karena teriknya matahari di luar rumah kecilnya. Anak-anak berhamburan di halaman rumahnya.

Image

Image

Image

Aduh, saya nggak bisa menyediakan apa-apa,” katanya.

Tapi ia mempersilakan kami beristirahat di terasnya, meminjam alat masaknya. Dia menemani kami istirahat, menyuruh anak-anaknya agar tidak nakal. Menarik tangan gadis mungil yang mendekati saya dan kawan-kawan. Menyentil anak laki-lakinya yang diam-diam mengoprek sepeda.

Lebih dari itu, dia bercerita tentang suaminya. Seorang Protestan yang rajin beribadah ke gereja. Seorang pelukis yang telah memeroleh banyak piala atas kepiawaiannya menggores tinta di atas kertas. Dari perkawinan yang bahagia, mereka dikaruniai 7 anak.

Siang yang terik itu, kendaraan lalu-lalang di jalan lintas Kalimantan. Bersama rombongan dan keluarga Bu Nguyen, saya berteduh di teras. Tawa anak-anak terdengar sangat renyah. Makan siang kali itu terasa luar biasa nikmat.

Tuhan selalu memberi bantuan kepada umatnya yang dalam perjalanan. Dan bagi saya, Bu Nguyen adalah salah satunya. πŸ™‚

Image

Image

Image

Advertisements

6 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s