Di Desa Maima, Saya Jatuh Cinta

ImageEdensor. Betapa desa mungil di pedalaman Inggris itu dideskripsikan dengan sangat apik oleh Andrea Hirata. Saya adalah salah satu korbannya, terbuai dalam imajinasi tak berkesudahan tentang desa hijau berpagar puncak-puncak gunung.

ImageBerkunjung ke Edensor adalah mimpi yang muluk. Tapi tampaknya Tuhan tak tega membiarkan saya melamun berlarut-larut. Buktinya, Ia mempertemukan saya dengan Distrik Maima di pedalaman Papua. Tepatnya di Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya.

Seperti cinta, Desa Maima saya temukan secara tidak sengaja. Seperti cinta pula, saya jatuh hati pada pandangan pertama.

ImageLanskap hijau membentang di depan mata. Berkontur. Bangunan-bangunan kayu sederhana tersebar di beberapa titik. Bendera Merah Putih berkibar diterpa sinar matahari. Mata saya memicing karena terik. Tapi semakin terik, semakin biru pula warna langitnya. Semakin warna biru dan hijau yang kontras itu tampak selaras di mata saya.

Jika boleh dideskripsikan dalam satu kata, ‘fotogenik’ adalah kata yang tepat untuk mendeskripsikan Distrik Maima. Asal jepret di sudut mana pun, hasilnya pasti akan bagus. Mengingatkan saya akan gambar-gambar dalam kalender atau kartu pos, melambungkan imajinasi ke Eropa sana. Apakah lebih bagus dari ini? Atau mungkin tidak?

Image

Image

ImageBirunya langit Papua benar-benar tak terbantahkan, saya seperti berada di kerajaan di atas awan. Semilir angin Lembah Baliem membelai kulit dengan sejuknya. Ah, perlukah saya mendeskripsikannya terus-menerus?

Yang jelas, saya jatuh cinta. Gara-gara Distrik Maima, saya jadi percaya pada cinta pandangan pertama.

Image

Image

11 comments

Leave a Reply

